Kebudayaan di Banyuwangi


Haiii guyss. Gimana nih kabarnya? Pasti baik-baik aja kan. Ohiyaa nih disini udah ada yang tau tentang Kebudayaan/adat yang ada di BanyuwangiYaps… Kebo-Keboan,Kalau kalian belum tau itu semua, nahh kalian tuh harus wajib tau nih!!! Yuk mari simak penjelasannya agar pengetahuan kalian bertambah.


nah nah,gmna guys setelah melihat gambar diatas? hihihi pasti banyak yang beranggapan seram dan menakutkan yaa,,,etss tapi tenang guys mereka ga akan gigit kok hehehehe...

Salah satu Kebudayaan di Binyuwangi ini sering kita kenal dengan sebutan "Kebo-keboan" yang artinya Kerbau bohongan/Mirip-miripan seperti Kerbau.Lantas apa yaa yang buat mereka seperti itu? 

jadi gini guys, Kerbau itu adalah hewan yang memiliki Peran penting dalam pertanian diIndonesia,yaps kerbau adalah hewan yang membantu para petani untuk menyiram air dan membajak Sawah.nah di Banyuwangi kerbau air adalah teman untuk para pertani-petani di Kraja, dusun di desa Alasmalang, Kabupaten Singojuruh, kota Banyuwangi di provinsi Jawa Timur.

biasanya upacara ini diselenggarakan pada bulan Suro,yang dimana setiap orang yang ikut merayakannya akan merubah penampilan mereka sama seperti kerbau air,seperti gambar yang diatas tadi,mereka akan merubah warna muka dan tubuh mereka menjad warna hitam,menggunakan tanduk seperti kerbau,dan lonceng yan ada ditangan dan kaki kerbau atau biasa disebut Kelunthung Kayu.

Tujuan upacara Kebo-keboan ini adalah untuk memanjatkan doa agar hasil panen/hasil yang ditanam bisa berhasil dan sawah tetep menjadi subur,
yaa walaupun awalnya upacara ini diselenggarain karna adanya wabah penyakit yang dipercaya tidak bisa disembuhkan oleh kekuatan manusia. 


ternyata mereka ga hanya merubah penampilan mereka doang loh guys,,tapi mereka juga melakukan apa yang kerbau kerjakan,yaps yaitu membajak sawah,mereka akan membajak dan menyiram sawah agar mereka mendapatkan hasil panen yang terbaik.

mungkin itu aja dulu guys yang bisa aku share tentang kebudayaan yang ada dibetawi,jangan lupa komentar dan staytoon untuk artikel artikel baru lagi tentang kebudayaan yang ada di
indonesia yang pastinya bakalan buat kita jadi tau!!!

see u guys! 

salam cute,
Yosepha Paulina
XII BDP 2 


21 comments:

  1. udah jarang keliatan yang kaya gitu

    ReplyDelete
  2. Woahh ternyataa cukup unik jugaa yaa,,,jadi pengen tau banyak lagi nii tentang budaya

    ReplyDelete
  3. iyaa ni,pantengin terus yaa blog kita,karna setiap harinya kita akan upload tentang banyak budaya lagi yang ada di Indonesia,jangan lupa untuk view artikel lain nya tentang budaya yang ada di Indonesia di blog ini

    ReplyDelete
  4. keren banget, jadi bisa menambah pengetahuan di budaya bangsa sendiri. Jangan lupa update terus ya kak! Semangat!

    ReplyDelete
  5. Nice keep it up the good work😄

    ReplyDelete
  6. Baru tau �� thx infonya lohh wkwk

    ReplyDelete