Budaya Etnis Tionghoa

Haiii guyss. Gimana nih kabarnya? Pasti baik-baik aja kan. Ohiyaa nih disini udah ada yang tau tentang Suku Tionghoa ga si?Kalau kalian belum tau itu semua, nahh kalian tuh harus wajib tau nih!!! Yuk mari simak penjelasannya agar pengetahuan kalian bertambah.

Nah guyss sebelum aku jelasin, aku mau kasih tau dulu nih tentang apa itu Suku Tionghoa.
Suku Tionghoa adalah salah satu suku/etnis  yang terdapat di Indonesia.yang pasti suku ini berasa dari Tiongkok.dan di Indonesia Kita biasa kenal denga suku Tionghoa-Indonesia. Saat ini suku Tionghoa sudah banyak menyebar diseluruh wilayah Indonesia.
Nah bicara tentang suku Tionghoa banyak sekali diantara kita yang sering salah sebut,sala penulisan,bahkan salah mengartikan, jadi tulisan dalam Indonesia yang benar adalah “Tionghoa” bukan tionghua yaa guysss!!!

Etnis/suku Tionghoa ini udah sulit dipisahkan dari sejarah kita ( Bangsa Indonesia) yaa mungkin karna warga Tionghoa yang berasal dari darata Asia diterima baik oleh penduduk Nusantara karena mereka mudah berbaur.Jadi gausah herann yaa guys kalo dinegara kita ini banyak etnis Tionghoa nya.

Etnis Tionghoa yang sudah menyatu di bangsa Indonesia ini ada dibeberapa wilayah loh guys..wilayah/kawasan ini bisa disebut juga Pencinaan,nah dikawasan ini kita juga bisa mengenal/belajar lebih lagi tentang etnis/Budaya Tionghoa. Seperti yang bakalan aku bahas kali ini,tentang Rumah etnis Tionghoa,Senjata,dan Alat musik nya. Kuyy simak!!

1. Rumah Etnis Tionghoa

sumber : Dokumen Perjalanan

Nah ini dia bangunan rumah etnis Tionghoa yang ada di kawasan pencinaan Jakarta/bisa dibilang Glodok. Bangunan ini adalah bangunan gereja yang bergaya Arsitektur Tionghoa Tradisional,bisa kita lihat yaa guys kalo bangunan/rumah ini tampak Tradisonal banget.  Ettsss… ga cmn sampai disini tentang Rumah etnis Tionghoa,masih banyak lagi,kalo tadi bahas tentang yang Tradisional,sekarang kita lanjut ke yang Modern.

sumber : Dokumen Perjalanan
Nah yang satu ini adalah bangunan/rumah etnis Tionghoa bergaya Modern yang terdapat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari sini udh terbukti yaa guys kalo suku Tionghoa ini sudah melekat juga di bangsa Indonesia.

2. Senjata Suku Tionghoa
sumber: Google
Nahh senjata yang satu ini cukup familiar buat kita yang sering nonton TV/Film China zaman old nii….yaps ini adalah Gong-Busur Tiongkok. Senjata ini biasa nya dipakai hanya untuk peperangan guys,apalagi zaman dulu ketika masi zaman kerajaan. Nah tapi saying banget di pencinaan jarang sekali kita temuin senjata senjata suku Tionghoa,so Gambar ini bersumber dari google pastinya.

3. Alat musik Suku Tionghoa

Nah alat music etnis tionghoa ini adalah Erhu Dunhuang atau biasa disebut juga Biola Cina. Alat music ini memiliki 2 senar dan dimainkan dengan cara digesek.





Oleh,
Yosepha Paulina
XII BDP 2


Terima Kasih :)

23 comments:

  1. Wahh keren banget, jd tau budaya tionghoa deh

    ReplyDelete
  2. Aku jadi tau kebudayaan tioghoaa hehhe

    ReplyDelete
  3. Menarik bgt yaa budaya tionghoa��

    ReplyDelete
  4. Mudah dipahami dan simpel untuk dicernaaa

    ReplyDelete
  5. uhh kerenn nih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Uwaw, akhirnya ras nenek saya di akui sebagai pribumi .. mantap slur

    ReplyDelete
  7. Yg alat musik nya itu nama lainnya tehyan bukan si? Apa beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda say... bedanya terletak dibagian bawahnya:)

      Delete
  8. whoaa, jadi tw lebih banyak soal etnis tionghoa

    ReplyDelete
  9. wah jadi nambah pengetahuan lagi, keren keren

    ReplyDelete