Budaya Suku Papua


Haii Guys. Gimana nih kabarnya? Pasti pada baik-baik aja kan. Gw kintan bakal balik lagi untuk mengupas tentang budaya papua nih,kemaren kan bali skrng yuk kita belajar bareng-bareng buat mengenal tentang Budaya papua,Mulai dari Rumah adatnya, Alat musik dan senjatanya,yuk kita simak penjelasan tentang suku Papua agar kalian menambah wawasan pengetahuan :)

Papua barat yang dulu dikenal dengan nama Irian Jaya adalah bagian dari pulau Papua Nugini dan juga merupakan wilayah Indonesia paling timur. Wilayah Papua mencakup beberapa pulau kecil di sekitarnya termasuk pulau Biak. Sebagian besar wilayahnya tertutupi hutan lebat yang menjadi habitat beberapa hewan endemik Indonesia seperti cendrawasih, tapir, dan kasuari. Terdapat suku pedalaman yang masih tinggal di dalam hutan seperti suku Dani yang tinggal di lembah Baliem, meski sebagian besar populasi Papua tinggal di sekitar pesisir pantai.

Mari kita bahas lebih dalam lagi tentang suku Papua ini :

1. Rumah adat Papua



Pada dasarnya rumah adat di pulau paling timur yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini memiliki model rumah yang sama yaitu Rumah Honai. Rumah honai merupakan rumah adat milik penduduk asli Pulau Papua.


2. Alat musik Papua

Alat Musik Tifa
Tifa merupakan alat musik khas papua, bahkan sering sudah menjadi lambang masyarakat papua sendiri. Alat musik tifa ini menyerupai kendang terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya. Cara memainkannya juga tidak jauh berbeda, yaitu dengan cara dipukul.



3.senjata tradisional Papua


Busur Dan Panah Busur dan Anak Panah

Senjata ini telah digunakan untuk berburu babi dan hewan liar lainnya. Selain itu, konflik yang sering terjadi antara kelompok yang sedang berlangsung dibuat oleh suku ini untuk perang. Busur terbuat dari kayu Rumi dengan tali dari rotan. Itu adalah kepala panah tulang hewan yang diasah. Mata ini biasanya dibubuhi tanaman cairan beracun untuk menambah efek luka.




Terimakasih,semoga bermanfaat semua yang gw sampaikan tentang kebudaayaan Papua,see you jangan lupa di komen untuk saran dan pesan nya:)

18 comments:

  1. Selain yg di bahas mencakup orang2 nya juga ramah2 sekali loh

    ReplyDelete
  2. Wahh dri dulu saya suka sekali dengan Papua

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat, menambah wawasan yg tadi nya tidak tau menjadi tau.

    ReplyDelete
  4. Lumayan buat nambah ilmu hehe makasih min infonya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih,menambah wawasanku tentang papua

    ReplyDelete