Budaya Suku Toraja

Hallooooo guys, kembali lagi bersama Komalla disini heheđź‘‹. Kali ini aku bawa informasi suku budaya baru yaitu tentang Budaya Suku TORAJA. Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan budaya Suku Toraja ini. Suku yang mempunyai keragaman dan keunikan di dalamnya,salah satunya upacara pemakaman "Rambu Solo". Selanjutnya Yuk kita intip ada keberagaman budaya apa lagi sih di suku ini selain yang aku sebutkan tadi :)

 Rumah adat
Tongkonan


Tongkonan adalah rumah tradisional Toraja yang berdiri di atas tumpukan kayu dan dihiasi dengan ukiran berwarna merah, hitam, dan kuning. Kata "tongkonan" berasal dari bahasa Toraja tongkon ("duduk").
Tongkonan merupakan pusat kehidupan sosial suku Toraja. Ritual yang berhubungan dengan tongkonan sangatlah penting dalam kehidupan spiritual suku Toraja oleh karena itu semua anggota keluarga diharuskan ikut serta karena Tongkonan melambangan hubungan mereka dengan leluhur mereka. Menurut cerita rakyat Toraja, tongkonan pertama dibangun di surga dengan empat tiang. Ketika leluhur suku Toraja turun ke bumi, dia meniru rumah tersebut dan menggelar upacara yang besar.

TenunToraja

Kain tenun dari toraja ini adalah salah satu warisan dari leluhur yang masih dijaga kelestariannya hingga sekarang. Kain tenun toraja ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi di dalam kebudayaan masyarakat toraja. Kain tenun memegang peranan penting dalam bermacam upacara adat dan berfungsi juga sebagai simbol kemakmuran dan juga kejayaan. Di masa yang lalu, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki kain-kain ini misalnya kaum bangsawan

Upacara pemakaman


Dalam masyarakat Toraja, upacara pemakaman (Rambu Solo') merupakan ritual yang paling penting dan berbiaya mahal. Semakin kaya dan berkuasa seseorang, maka biaya upacara pemakamannya akan semakin mahal. Dalam agama aluk, hanya keluarga bangsawan yang berhak menggelar Upacara pemakaman yang besar. 
Ada tiga cara pemakaman: Peti mati dapat disimpan di dalam gua, atau di makam batu berukir, atau digantung di tebing. Orang kaya kadang-kadang dikubur di makam batu berukir. Makam tersebut biasanya mahal dan waktu pembuatannya sekitar beberapa bulan. Di beberapa daerah, gua batu digunakan untuk meyimpan jenazah seluruh anggota keluarga. Patung kayu yang disebut tau taubiasanya diletakkan di gua dan menghadap ke luar. Peti mati bayi atau anak-anak digantung dengan tali di sisi tebing. Tali tersebut biasanya bertahan selama setahun sebelum membusuk dan membuat petinya terjatuh.

Musik dan Tarian


Suku Toraja melakukan tarian dalam beberapa acara, kebanyakan dalam upacara penguburan. Mereka menari untuk menunjukkan rasa dukacita, dan untuk menghormati sekaligus menyemangati arwah almarhum karena sang arwah akan menjalani perjalanan panjang menuju akhirat.
Alat musik tradisional Toraja adalah sulingbambu yang disebut Pa'suling. Suling berlubang enam ini dimainkan pada banyak tarian, seperti pada tarian Ma'bondensan, ketika alat ini dimainkan bersama sekelompok pria yang menari dengan tidak berbaju dan berkuku jari panjang.


Nah begitu kira-kira berbagai keragaman budaya Suku TORAJA, menarik bukan? Oh iya jika kalian masih kepo ada apa saja sih budaya di Indonesia. Kalian bisa klik di beranda blog kita,disitu ada berbagai macam suku bangsa dari Sabang sampai Merauke. terimakasih telah membaca :))

Oleh : Nurkomala

41 comments:

  1. Makasih info nya, jadi nambah wawasan, wawasanku luas banget

    ReplyDelete
  2. Jadi nambah wawasan dan bnyk mengetahui budaya indonesia

    ReplyDelete
  3. Wahhh keren sukunya ternyata, bisa melestarikan budaya budaya Nya sampai saat ini, jadi tertarik nih min mengenal jauh ttg suku ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu main ke Toraja bareng admin kak kwkwkw

      Delete
  4. Artikelnya menarik,yang awalnya gatau jadi tau deh aku, thank buat yang buat artikel

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen pindah rumah ke Toraja

    ReplyDelete
  6. Wahh unik unik yaa, terimakasih admin

    ReplyDelete
  7. Dari dulu selalu tertarik dengan toraja,kewrennnnnđź‘Ť

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ka, kesana yuk ka,kita jalan" ehehe

      Delete
  8. Makin tambah wawasan deh thanks mba nya

    ReplyDelete
  9. Waa sangat berguna,menambah ilmu dan wawasan baru tentang suku-suku diindonesia;v

    Btw min numpang tanya,tanah ditoraja perMeternya brapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa semoga bermanfaat ya ka... Bisa di nego" tipis lah yaaa

      Delete
  10. Wahh unik sekali ya budaya pemakamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih jadi pengen punya rmh ditojara bareng admin nya.....

      Delete
  11. very useful article to add to our insights

    ReplyDelete
  12. Beli kain tenun khas Toraja di Jakarta dimana ya?

    ReplyDelete
  13. Keren nihh jadi tau apa aja suku" diindonesia

    ReplyDelete
  14. Keren ya budaya di Indonesia

    ReplyDelete