Budaya Suku Jawa

Halo guys. Ketemu lagi kita di sini. Sebelumnya blog inikan sudah menjelaskan tentang beberapa budaya suku Melayu, Tionghoa, Banten, dan lain-lain. Sekarang aku disini mau jelasin tentang apa saja Budaya Suku Jawa. Mulai dari Rumah Adat, Alat Musik dan Senjatanya. Yuk kita simak penjelasan tentang Suku Jawa agar kalian dapat menambah wawasan tentang budaya Jawa. Sebelum ke topik aku akan menjelaskan tentang apa itu kebudayaan. Kebudayaan biasanya diartikan dengan sesuatu yang dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang yang berguna untuk membantu manusia dalam melangsungkan hidup bermasyarakat yang berupa perilaku, bahasa, peralatan hidup, religi, seni, organisasi sosial, dan lain-lain. Selanjutanya Suku jawa adalah merupakan suku yang terbesar yang ada di Indonesia. Kenapa sih suku Jawa merupakan suku yang terbesar di Indonesia? Karena dahulunya suku jawa ini berasal dari beberapa daerah yaitu diantaranya ada provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain dari daerah itu Suku Jawa juga menyebar di daerah-daerah lain yang hampir terdapat di pulau-pulau di seluruh Indonesia. Suku Jawa memiliki banyak kebudayaan diantaranya:
1. Rumah Adat Suku Jawa
Sumber:google

Rumah adat suku jawa biasa dikenal dengan nama Rumah Joglo. Rumah joglo merupakan rumah yang berasal dari bahan dasar kayu yang dibuat dengan sedemikian rupa menjadi rumah yang memiliki nilai seni yang tinggi. Keunikan rumah joglo ini terletak pada bentuk atap rumah tersebut yang tinggi dan disangga oleh tiang. Rumah joglo biasanya hanya dimiliki oleh orang-orang yang berasal dari kalangan menengah keatas atau bangsawan. Karena rumah ini dibangun membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak dan luas. Rumah joglo mempunyai 3 bagian utama yaitu:
a. Pendopo
Pendopo adalah bagian utama yang digunakan untuk menerima tamu atau digunakan jika pemilik rumah memiliki acara penting lainnya.
b. Peringgitan
Bagian rumah yang dapat mengubungkan antara pendopo dan omah.
c. Omah
Omah berasal dari bahasa indonesia yang artinya rumah. Rumah yang digunakan untuk tempat sang pemilik beristirahat.

2. Alat Musik Suku Jawa
Suku jawa memiliki alat musik tradisional yang bernama Gamelan. Gamelan adalah alat musik khas dari jawa yang mempunyai seni yang sangat tinggi. Gamelan sendiri merupakan alat musik yang memiliki nada pentatonis. Gamelan ini terdiri atas beberapa alat musik yang disatukanpadukan. Seperti:
a. Kendang
b. Demung
c. Peking
d. Bonang
e. Saron
f. Kenong
g. Panerus
h. Gambang
i. Slenthem
j. Siter
k. Suling
sumber: google

3. Senjata Suku Jawa
Sebagai salah satu suku yang terbesar di Indonesia. Suku jawa memiliki beberapa senjata tradisional yang jarang dimiliki oleh negara lain. Seperti: 
a. Keris
Keris merupakan senjata yang telah dinilai mempunyai seni yang tinggi. Daya serangnya mampu melumpuhkan dalam jarak yang dekat.
Sumber:google

b. Clurit
Clurit adalah senjata khas daerah Jawa Timur yang berbentuk bulan sabit dan memiliki gagang yang lumayan panjang. Celurit juga dapat digunakan untuk alat bertani dan bercocok tanam.
Sumber:google

c. Bionet
Senjata yang juga berasal dari jawa timur. Senjata ini berbentuk seperti pisau. Hanya saja bionet ini memiliki sisi tumpul dan ujung yang tajam. Senjata ini juga salah satu senjata yang paling mematikan.
Sumber:google

d. Plinteng
Plinteng adalah senjata yang sangat populer dikalangan anak-anak dengan nama lain ketapel. Senjata ini terbuat dari kayu, selembar kulit hewan, dan 2 buah karet untuk menyiptakan gaya pegas yang kuat, peluru yang digunakan ialah batu kecil-kecil atau batu kerikil.
Sumber:google

Nyampe kene sek yo guys penjelasan ku, sesok meneh. Semoga tulisanku bermanfaat yo. Ojo lali di woco, di like, dan di coment. Matur Nuwun

Ditulis karo Nareswari Gauri Syavani

38 comments:

  1. Replies
    1. Makasih. Tunggu postingan selanjutnya ya

      Delete
  2. Luar biasa dahsyat fantastis yes3x

    ReplyDelete
  3. Bagus nih buat nambah wawasan๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  4. My culture ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  5. Mantap ndukk๐Ÿ‘๐Ÿ‘ semangat

    ReplyDelete
  6. Apa benar kalau orang sunda dengan orang jawa tidak boleh menikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ra bener ki. Nikah mah karo sopo wae sing penting setia

      Delete
  7. Replies
    1. Tunggu postingan selanjutnya ya. Stay tune

      Delete
  8. Bagus banget res. Bermanfaat banget. Di tunggu postingan selanjutnya ya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas infonya. Di tunggu info2 selanjutnya

    ReplyDelete
  10. Semoga blog nya bermanfaat ndukk

    ReplyDelete