budaya Miinangkabau


Hasil gambar untuk asal usul minangkabauHalo kawan budanesia(untuk kamu yang lagi baca artikel ini,di blog ini:v),kali ini kita Mao bahas
tentang budaya Minangkabau loh,itu loh yang terkenal ama tari piringnya loh :v .Nah di artikel kali ini kita mao jelasin dari rumah adat,senjata,dan alat musik khas Minangkabau.
 Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang budaya Minangkabau ini kita mao ngasih tahu nih asal usulnya darimana kata Minangkabau.
 Minangkabau sendiri berasal dari kata manang yang berarti menang dan kabau yang berarti kerbau. Nama itu diketahui dari sejarah yang ditulis di dalam Tambo. Kisahnya berawal pada saat kerajaan Pagaruyung yang dipimpin raja Adityawarman, akan ditaklukan oleh pasukan Majapahit.
 mencegah pertempuran, penasehat raja mengusulkan adu kerbau sebagai pengganti peperangan. Jika kerbau dari pihak raja yang kalah, maka kerajaan akan diserahkan pada pasukan Majapahit. Sebaliknya, jika menang, pasukan Majapahit diminta untuk kembali ke Jawa. Akhirnya, usulan tersebut juga disetujui oleh pasukan Majapahit.Singkat cerita, adu kerbau dimenangkan kerajaan Pagaruyung. Kemenangan tersebut pada akhirnya menginspirasikan masyarakat memakai nama Minangkabau, kata yang berasal dari ujaran “manangkabau” yang artinya kerbau yang menang.
Untuk mengenang kemenangan tersebut, masyarakat membuat sebuah rangkiang (Rumah Gadang) yang atapnya mengikuti bentuk tanduk kerbau.

 Rumah Adat



 Hasil gambar untuk minangkabau


  Nah sobat budanesia udah tau kan sejarahnnya,yuk kita lanjut ke inti dari artikel yang Mao tadi kita jelasin yaitu kita Mao jelasin rumah adatnya yaitu rumah gadang (eh tapi tadi udah dijelasin ya bareng sama asal usul kata Minangkabau,kalo yang mertaiin pasti ngeh:v) nah tadi kan udah tau kenapa bentuknya kaya tanduk kerbau sekarang maknanya kita Mao jelasin nih budanesia, kenapa si bentuk atap rumahnya menjulang ke langit? Menurut orang Minangkabau itu maknanya menjurus kepada Tuhan yang maha esa loh,nah biasanya tonjolan yang mencuat kelangit itu biasanya ada 4 - 7 buah tonjolan loh.nah setiap Rumah Gadang mempunyai 2-3 lumbung padi antara lain Si Bayo-bayo yang artinya persedian padi bagi keluarga dari rantau. Si Tinjau Lauik, padinya untuk diberikan kepada yang tidak mampu dan Si Tangguang Litak, padinya khusus bagi yang punya rumah.




                                                                 



senjata tradisional

Hasil gambar untuk senjata minangkabau

Hasil gambar untuk senjata minangkabau
Lanjut yuk kita bahas senjata tradisionalnya yaitu Keris dan Kurambiak atau Kerambit. Keris biasanya dipakai oleh kaum laki-laki dan diletakkan di sebelah depan, dan umumnya dipakai oleh para penghulu terutama dalam setiap acara resmi ada terutama dalam acara malewa gala atau pengukuhan gelar, selain itu juga biasa dipakai oleh para mempelai pria dalam acara majlis perkawinan yang masyarakat setempat menyebutnya baralek. Sedangkan kerambit merupakan senjata tajam kecil yang bentuknya melengkung seperti kuku harimau, karena memang terinspirasi dari kuku binatang buas tersebut.



Alat musik tradisional

Nah yang terakhir nih yaitu alat musiknya yang khas dari Minangkabau diantaranya 
Nah yang pertama ada

1.Saluang

 nih alat musik tiup tradisional Minangkabau. Saluang dibuat dengan bambu yang tipis atau dengan bambu talang, dimana Urang Minang mempercayai bahwa bahan yang bagus untuk menjadi bahan Saluang merupakan bambu yang dipakai untuk jemuran kain atau talang yang ditemui hanyut terbawa air sungai.


 Hasil gambar untuk saluang









 2. Bansi
Bansi merupakan alat musik tradisional khas minangkabau yang bentuknya layaknya Suling dan mempunyai lubang berjumlah 7 buah. Bansi lebih dikenal dengan sebutan “Suling Minang” karena bentuk yang pendek dan mempunyai nada standarnya (diatonik).Bansi mempunyai panjang 34 – 37 cm dengan berdiameter 3 cm. Selain untuk hiburan fungsi alat musik tradisional Minangkabau yang ini mampu untuk mengiringi lagu tradisional ataupun modern. Suling Minang yang asli dibuat dari talang atau sariak (dua-duanya merupakan bambu tipis).


 Hasil gambar untuk bansi




Nah itulah salah 2 dari alat alat musik asal Minangkabau
Sampe deh diujung artikel jangan bosen ya budanesia,kita akan balik lagi dengan pembahasan dari budaya-budaya lainnya loh pantengin ya di blog ini setiap hari

 ditulis oleh:
wahyu dwi cahya

27 comments:

  1. Wali rawa lele, sangat bermanfaat ✌😎

    ReplyDelete
  2. Wah baru tau kalo minangkabau artinya kerbau yang menang😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa ikutin informasi dri blog kita selanjutnya ya kak -admin

      Delete
  3. Keren dari segi penulisan nya, lebih keren lagi orang yang nulis nya....
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Tapi boong

    ReplyDelete
  4. Jadi penasaran bgt sama budaya minangkabau deh

    ReplyDelete
  5. Bagus dan sangat bermanfaat ya, uwow

    ReplyDelete