Budaya Suku Melayu

Budaya Suku Melayu 




Haii Guys. Gimana nih kabarnya? Pasti pada baik-baik aja kan. Oh iya disini udah ada yang tau tentang Suku Melayu ga si? Mulai dari Rumah adatnya, Alat musik dan senjatanya. Kalau belum ada yang tau, kalian harus tau nii!! yuk kita simak penjelasan tentang suku Melayu agar kalian menambah wawasan pengetahuan Sebelum mendefinisikan secara lebih lanjut apa itu kebudayaan Melayu , penulis akan berbicara terlebih dahulu tentang apa itu kebudayaan. Kebudayaan Melayu sebagai salah satu dari berbagai macam kebudayaan haruslah mempelajari terlebih dulu terhadap apa itu arti dari suatu kebudayaan. Banyak ahli mendefinisikan tentang kebudayaan, di mana kebudayaan adalah bagian dari kehidupan manusia. Menurut ilmu antropologi kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Hal ini bahwa hampir seluruh tindakan manusia adalah kebudayaan karena hanya amat sedikit tindakan manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang tidak perlu dibiasakan dengan belajar, yaitu hanya beberapa tindakan naluri beberapa refleks, beberapa tindakan akibat proses fisiologi, atau kelakuan apabila ia sedang membabi buta (Koentjaraningrat, 2009: 144-145).

Mari kita bahas lebih dalam lagi tentang suku Melayu ini :
1. Rumah adat suku Melayu
Rumah Adat Melayu yang disebut Rumah Atap Lontik


                                                     (Rumah Atap Lontik via WordPress)

Rumah Melayu Atap Lontik ialah rumah adat yang berasal dari Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Nama lain rumah adat Riau bias disebut dengan rumah Lancang atau Pancalang. Mungkin muncul pertanyaan dikepada Anda, mengapa disebut dengan sebutan Lancar atau Pancalang? Hal ini karena rumah ini memiliki hiasan di dinding depan rumah dengan bentuk perahu. Wah unik bener ya rumah nya . Dilihat dari kejauhan rumah ini akan terlihat seperti rumah-rumah perahu yang biasa dibuat oleh penduduk. Kebudayaan Minangkabau konon mempengaruhi keberadaan rumah adat Atap Lontik ini. Karena sebagian besar rumah ini terdapat di daerah yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat. Anak tangga rumah yang berjumlah lima atau bilangan ganjil lainnya ini dinilai sebagai sebuah keunikan bagi kebanyakan orang. Memilih angka lima karena mereka meyakini tentang agama Islam yang berdiri atas lima perkara. Yakni Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Naik Haji itulah alasan mereka memilih angka lima. Bentuk tiang pada rumah ini juga bervariasi, ada yang segi empat, segi enam, segi tujuh, segi delapan dan segi sembilan.

2. Alat musik suku Melayu
Kompang
                                               Gambar alat musik tradisional via Google

Sebenarnya masih banyak alat musik tradisional suku Melayu namun agar lebih fokus mari kita bahas salah satu Alat musik tradisional suku Melayu yang jarang terdengar bagi para pembaca . Kompang merupakan sejenis alat musik tradisional yang paling popular bagi masyarakat Melayu. Kompang termasuk kedalam golongan kumpulan alat musik gendang. Kulit kompang bisa terbuat dari kulit kambing dan bisa juga dari kulit lembu atau kerbau. Sejarahnya dulu, Kompang asalnya dari dunia Arab yang kemudian masuk ke Tanah Melayu saat zaman Kesultanan Melaka oleh pedagang India Muslim. Sumber lain menyebutkan masuknya alat musik tersebut melalui Jawa pada abad ke-13 oleh pedagang Arab.

3. Senjata tradisional suku Melayu
pemuras 
                                   Gambar Senjata Tradisional Riau Pemuras via WordPress
Pemuras adalah senjata tradisional yang gemar dipakai oleh orang-orang Melayu pada zaman dahulu. Tentera Inggris menyatakan orang-orang Melayu amat pandai menggunakan Pemuras. Sekian pembahasan kita kali ini tentang suku Melayu .

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan para pembaca dan nantikan pembahasan pembahasan kita berikut nya terimakasih.

Oleh Pramudya Isnanto

34 comments:

  1. Keren juga senjata dari Indonesia

    ReplyDelete
  2. Min senjatanya bisa dipake buat tawuran ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaboleh tauran , budayakan damai lur sejatinya hidup sebentar Jan dibuat bar bar

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Pasti saudaranya upin ipin ya?

    ReplyDelete
  6. Yang komen banyak amat sii

    ReplyDelete
  7. Yang kaya gini nih yg anak jaman now gatau
    mantap min

    ReplyDelete