Budaya Suku Bali


Haii budanesia. Gimana nih kabarnya? Pasti pada baik-baik aja kan. Kenalin nama gw Kintan Oh iya disini udah ada yang tau tentang Suku Bali? Mulai dari Rumah adatnya, Alat musik dan senjatanya. Kalau belum ada yang tau, kalian harus tau nii!! yuk kita simak penjelasan tentang suku Bali agar kalian menambah wawasan pengetahuan
Budaya Bali selalu menjadi salah satu elemen terpenting dalam setiap aspek kehidupan di pulau yang sering disebut sebagai pulau dewata ini. Perpaduan antara agama Hindu-Dharma dan adat istiadat setempat telah banyak menghasilkan karya seni yang unik, “hidup” dan sarat dengan tradisi yang dapat dengan mudah kita temukan di setiap sudut Pulau Bali. Pura-pura indah yang dibangun berdasarkan kisah-kisah magis yang ajaib, ritual keagamaan yang diadakan berdasarkan kalender kuno diikuti oleh ratusan hingga ribuan orang mengenakan pakaian adat merupakan pemandangan sehari-hari yang akan kita temukan di pulau yang keindahannya tak tertandingi ini.
Mari kita bahas lebih dalam lagi tentang suku Bali ini :
1.Rumah Adat Bali


biasanya di sebut dengan gabura candi bentar yang saat ini sudah di resmikan menjadi rumah adat bali. Desain keunikan yang dimiliki oleh rumah adat bali sangat bagus sekali,pasti udah ga pada asing lagi kan kalo pembahasan nya tentang rumah adat khas bali
2. Alat musik Bali


Gamelan bali
Gamelan bali? Pasti pada ga tau kan tentang gamelan bali? Kebanyakan yang kalian tau gamelan itu yang punya cuman orang jawa aja,yuk baca penjelasan nya tentang gamelan bali
Alat musik Gamelan Bali adalah salah satu alat musik gamelan tradisional khas dari Denpasar, Bali. Gamelan Bali memiliki perbedaan dengan alat musik gamelan dari beberapa daerah lainnya. Gamela biasanya digunakan sebagai pengiring suatu pertunjukan kesenian di Bali serta dalam beberapa acara yang sifatnya sakral.
Perkembangan zaman yang telah modern, tetapi Gamelan Bali tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Bali. Sesuai dengan fungsinya, Gamelan Bali sering sekali digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan serta beberapa hiburan.


3.senjata tradisional Bali


Keris Tayuhan
Keris ini diyakini berasal dari kebudayaan kerajaan zaman dulu yakni kerajaan Majapahit. Bagi masyarakat Bali sendiri, keris tayuhan dianggap sebagai simbol serta identitas diri. Selain itu, nilai-nilai kesakralannya yang dimiliki oleh keris tayuhan ini.

Maka tak heran jika kemudian dalam hal perawatan serta penyimpanannya, keris ini senantiasa diperhatikan. Sedangkan dari sisi fungsionalnya, keris tayuhan digunakan sebagai sarana perlindungan diri terutama pada saat peperangan.
Namun seiring perkembangan zaman, fungsi tersebut beralih dan lebih dianggap sebagai benda pusaka yang dilengkapi dengan beragam hiasan. Baik itu pada hiasan gagang, bilah, maupun pada sarungnya. Keris tayuhan ini sering kali dibersihkan pada ritual pergantian tahunan dan ritual keagamaan lainnya yang diselenggarakan di Bali.

Terimakasih,semoga bermanfaat semua yang gw sampaikan tentang kebudaayaan bali,nex time gw bakal bahas lebih dalam tentang bali,see you jangan lupa di komen untuk saran dan pesan nya:)


Oleh Kintan Amanova

41 comments:

  1. terima kasih atas informasi tentang budaya nya :)

    ReplyDelete
  2. Salah satu kota diindonesia yang penduduknya masih memegang & sangat menjaga budaya daerahnya. Salut. RW

    ReplyDelete
  3. Wahhh Bali tuh emang paling kaya yaaa😍

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas informasinya, the best

    ReplyDelete
  5. Aduh jadi kepengen ke bali nih

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata bali keren yah😍 jadi pengen ke sumedang😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya hayu atuh ke Kalimantan 😍 -admin

      Delete
  8. Bagus ni informasinya, menarik juga hehe

    ReplyDelete
  9. Harus di pertahankan tentang penulisan budaya kita yang kaya ini, semangat salam kalimantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh salam dari bali juga kak hehe -admin

      Delete
  10. Salam balik papan kak 🖤

    ReplyDelete
  11. Sudah eee ku bilang indoneisa itu sangat kaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita eee sebagai anak bangsa eee harus melestarikan budaya kita yang kaya ini eee -admin

      Delete
  12. Kak mau tau tariann di bali ada apa aja dung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nantikan pembahasan selanjutnya ya kak -admin

      Delete