Budaya Suku Sunda




Hallooooo guys. Gimana nih kabarnya? Pasti baik-baik saja kan. Ohiyaa disini udah ada yang tau tentang suku sunda? Aku yakin nih pasti sebagian besar dari kalian hanya tahu sekedar namanya saja, iyakan? Iyakan? Hehehe. Oke disini aku akan menjelaskan mulai dari rumah adatnya,alat musik dan juga senjatanya. Kalau belum ada yang tahu, kalian wajib harus tahu ini!!yuk kita simak penjelasan tentang suku sunda agar kalian menambah wawasan pengetahuan.

Suku Sunda (Urang Sunda, aksara Sunda: ) adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia, dengan istilah Tatar Pasundan yang mencakup wilayah administrasi provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan wilayah barat Jawa Tengah (Banyumasan). Orang Sunda tersebar diberbagai wilayah Indonesia, dengan provinsi Banten dan Jawa Baratsebagai wilayah utamanya.
Jati diri yang mempersatukan orang Sunda adalah bahasanya dan budayanya. Orang Sunda dikenal memiliki sifat optimistis, ramah, sopan, riang dan bersahaja. Orang Portugis mencatat dalam Suma Oriental bahwa orang sunda bersifat jujur dan pemberani. Orang Sunda juga adalah yang pertama kali melakukan hubungan diplomatik secara sejajar dengan bangsa lain. Sang Hyang Surawisesa atau Raja Samian adalah raja pertama di Nusantara yang melakukan hubungan diplomatik dengan bangsa lain pada abad ke-15 dengan orang Portugis di Malaka. Hasil dari diplomasinya dituangkan dalam Prasasti Perjanjian Sunda-Portugal. Beberapa tokoh Sunda juga menjabat Menteri dan pernah menjadi Wakil Presiden pada kabinet RI. (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Suku_Sunda)

1. Rumah Adat







Gambar oleh (alampedia.blogspot.com)
Secara tradisional rumah orang Sunda berbentuk panggung dengan ketinggian 0,5 m – 0,8 m atau 1 meter di atas permukaan tanah. Pada rumah-rumah yang sudah tua usianya, tinggi kolong ada yang mencapai 1,8 meter. Kolong ini sendiri umumnya digunakan untuk tempat mengikat binatang-binatang peliharaan seperti sapi, kuda, atau untuk menyimpan alat-alat pertanian seperti cangkul, bajak, garu dan sebagainya. Untuk naik ke rumah disediakan tangga yang disebut Golodog yang terbuat dari kayu atau bambu, yang biasanya terdiri tidak lebih dari tiga anak tangga. Golodog berfungsi juga untuk membersihkan kaki sebelum naik ke dalam rumah.
Rumah adat Sunda sebenarnya memiliki nama yang berbeda-beda bergantung pada bentuk atap dan pintu rumahnya. Secara tradisional ada atap yang bernama suhunan Jolopong, Tagong Anjing, Badak Heuay, Perahu Kemureb, Jubleg Nangkub, Capit Gunting, dan Buka Pongpok. Dari kesemuanya itu, Jolopong adalah bentuk yang paling sederhana dan banyak dijumpai di daerah-daerah cagar budaya atau di desa-desa.

2. Alat musik
a. Kendang Sunda di Jawa Barat


 Gambar oleh (jalanpanjang.blogspot.com)

Kendang di Jawa Barat secara umum disebut dengan kendang Sunda. Kendang Sunda dalam satu set minimal terdiri dari tiga kendang yaitu satu kendang indung (kendang besar) dan dua kendang anak (kendang kulanter). Kendang kulanter terbagi menjadi dua yaitu kendang katipung (dibunyikan wangkis/bidang yang besarnya dengan suara tung dan kendang kutiplak (dibunyikan wangkis/bidang yang kecil dengan suara pak. Kendang Sunda banyak jenisnya yang dibedakan sesuai dengan fungsinya dalam iringan, antara lain Kendang Kiliningan, Kendang Jaipongan, Kendang Ketuk Tilu, Kendang Keurseus, Kendang Penca Silat, Kendang Bajidoran, Kendang Sisingaan, dan lain-lain. Setiap jenis kendang dalam karawitan Sunda memiliki perbedaan dalam hal ukuran, pola, ragam, dan motif.

3. Senjata daerah
a. Senjata Tradisional suku Sunda (Kujang)


Gambar oleh (adat-tradisional.blogspot.com)

Kujang merupakan senjata tradisional dari Jawa Barat yang mana oleh masyarakat Sunda disakralkan dan dianggap magis. Kujang menurut masyarakat Jawa Barat berasal dari bahasa sunda kuno yaitu kata Kudi dan Hyang.
Kudi yang berarti Senjata dengan kekuatan gaib sedangkan Hyang berarti dewa atau masyarakat sunda mengartikannya kedudukan yang di atas Dewa. Berarti Kujang adalah pusaka yang mememiliki kekuatan magis yang kekuatannya berasal dari para dewa.


b. Senjata Tradisional Suku Sunda (Congkrang)







Kayaknya senjata tradisional dari Jawa Barat ini mulai kelihatan langka dan jarang kita jumpai. Berbentuk seperti cangkul tetapi lebih kecil dan digunakan oleh ibu-ibu untuk menyiangi rumput di halaman rumahnya.

C.Senjata Tradisonal Jawa Barat (Sulimat)


Gambar oleh (jalanpanjang.blogspot.com)
Masyarakat sunda di sana juga pekerjaannya menyobek kulit kelapa. Untuk membantu mengelupasnya di sunda terdapat senjata tradisional bernama Sulimat.
Sulimat ini bentuknya adalah sebilah pisau yang ujungnya runcing dan ujung yang berlawanan yaitu ujung gagangnya di tancapkan ke tanah. Untuk menggunakannya, sebuah kelapa ditancapkan ke pisau yang runcing tersebut kemudian ketika sudah masuk di dorong ke arah lainnya supaya kulit kelapa sobek.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan para pembaca dan nantikan pembahasan pembahasan kita berikut nya terimakasih.

Oleh Nurkomala

58 comments:

  1. Jalan-jalan naik mobil box, sambil minum yang anget-anget. Ini bukan sembarangan blog, blog nya keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan jalan ke papua, perginya bareng si siska. Wahh terimakasih ka :)

      Delete
  2. Wihhhhhh lengkap informasinya ci

    ReplyDelete
  3. Jadi tau tentang suku sunda.. Makasih infonya

    ReplyDelete
  4. Jadi tau tentang suku sunda.. Makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Makasi info ny,Wawasanku luas banget

    ReplyDelete
  6. Jadi bangga jadi orang sunda😍

    ReplyDelete
  7. Walau bermacam2 suku dan budaya inti nya kita harus tetap bersatu. Menjaga kesatuan NKRI... Indonesia adalh negara yg banyak mempunyai suku bangsa dan kebudayaan..

    ReplyDelete
  8. Mantap tp saya takut sama keris terbang haha

    ReplyDelete
  9. waaaa, bagus banget!! sangat bermanfaat :')

    ReplyDelete
  10. Sunda katanya uwu uwu, bener ga min?

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget nih informasi nya,kerennn 😍

    ReplyDelete
  12. Org sunda juga ramah ramah 😍

    ReplyDelete