Budaya Suku Bugis


                        (Berbagai sumber)

 Assalamualaikum,selamat siang,sore,dan malam buat pembaca blog kami 😂. gimana kabarnya nih kawan budanesia? Mudah mudahan Baik baik aja ya kawan budanesia 😂.kami kembali lagi nih dengan informasi seputar budaya yang ada di Indonesia,nah sekarang kita Mao bahas budaya suku Bugis nih. Ini bukan kue yang ada di hajatan ya😂. Langsung aja yuk kita bahas budaya suku bugis

Suku Bugis dikenal sebagai suku yang sangat mempertahankan harga diri akan kebudayaannya. Terbukti sekecil apapun masalahnya dan siapapun pelakunya maka akan ditindak tegas. Meskipun pelakunya adalah keluarga atau kerabat sendiri.

Suku Bugis memiliki kebudayaan yang unik yang tetap eksis di masa kini. Pasalnya, suku yang satu ini memiliki keragaman budaya yang tidak kalah menarik dengan suku lainnya di Sulawesi Selatan.
Meskipun jaman semakin modern, kebudayaan Suku ini tetap menjadi sorotan yang menarik untuk ditelisik lebih jauh keunikan-keunikannya. Adapun keragaman kebudayaan yang dimiliki Suku ini diantaranya :


Yang pertama kita bahas tentang Rumah adat nya


1.Rumah adat Suku Bugis:


                           1. Bola soba
                           (Berbagai sumber)

                 2.  rumah adat suku Bugis
                       (Berbagai sumber)

Bone – Bola Soba’
Bone memiliki satu rumah adat bugis peninggalan sejarah yaitu Bola Soba’. Jika anda berkunjung ke daerah Bone tidak pas rasanya jika kita tidak mengunjungi salah satu ikon kota bone ini. ya!, Bola Soba‘ yang berarti “Rumah Persahabatan”. Bola soba ini terletak di jalan Latenritatta Kelurahan Masumpu, Kec. Tanete Riajang, Kabupaten Bone.


2. Alat musik suku Bugis




                          (Berbagai sumber)


Kacapi atau kecapi
Salah satu alat musik petik tradisional Sulawesi Selatan khususnya suku Bugis, Bugis Makassar dan Bugis Mandar. Menurut sejarahnya kecapi ditemukan atau diciptakan oleh seorang pelaut, sehingga bentuknya menyerupai perahu yang memiliki dua dawai, diambil karena penemuannya dari tali layar perahu. Biasanya ditampilkan pada acara penjemputan para tamu, perkawinan, hajatan, bahkan hiburan pada hari ulang tahun.




3. Senjata Tradisional Suku Bugis





                      (Berbagai sumber)

Badik Raja .

Senjata Tradisional Badik Raja Badik raja adalah jenis badik yang berasal dari daerah Kajuara, Kabupaten Bone. Masyarakat sekitar percaya bila badik bernama lain gencong raja ata bontoala ini dibuat oleh mahluk halus, tak heran bila nilai sakral yang dimilikinya menjadi sangat tinggi. Badik raja berukuran agak besar dengan panjang antara 20 sd 25 cm. Bentuknya seperti badik lampo battang dengan bilah yang membungkuk dan perut bilah yang membesar. Badik ini dibuat dari logam kualitas tinggi dan kerap dilengkapi dengan pamor indah di bagian hulunya, seperti pamor timpalaja atau pamor mallasoancale. Sesuai namanya, senjata tradisional Sulawesi Selatan ini dahulunya kerap digunakan oleh para raja-raja Bone.

Sekian dulu ya penjelasan dari suku Bugis ini. Kita akan balik lagi dengan ragam budaya di seluruh Indonesia. Terima kasih .

Dibuat oleh :

Wahyu Dwi Cahya

5 comments: